Thursday, January 5, 2012

Bagaimana cara membuat 2 sistem operasi pada 1 hardisk , dan membuat 2 sistem operasi pada 2 hardisk dlm 1 PC


1. Untuk membuat 2 sistem operasi dalam 1 harddisk:

a. Download program Hiren Boot CD dibawah ini:

b. burning file iso hasil download kedalam sebuah cd, dalam cd tersebut terdapat tools seperti partition magic yang berguna untuk mempartisi harddisk. Setelah itu masuk BIOS dan ubah agar CD menjadi prioritas booting (1st Boot Device, bukan hdd)

c. Jalankan Hiren Boot CD, dan pilih menu Partition Tools, dan pilih partition magic. Klik kanan pada partisi harddisk, dan pilh create.
atau resize. Jika ingin membuat dual boot antara XP dan Vista, maka ukuran partisi pertama saya sarankan 10 GB, dan yang kedua bisa 15 GB.

d. Jika ingin dual booting antara XP atau Vista dengan linux, maka saya sarankan ukurannya adalah 20 GB dan 20 GB, ditambah sekitar 500 MB untuk file swap/partisi swap.

e. Setelah selesai mempartisi booting ulang komputer anda;
Anda harus memasang windows versi yang lebih lama terlebih dahulu baru versi terbarunya. Misalnya ingin dual booting antara XP dan vista, maka anda harus memasang XP baru Vista, tidak boleh kebalikannya. Atau setelah itu anda juga bisa memasang Linux. LInux harus selalu dipasang terakhir.

2. Prosedur dua sistem operasi dalam dua harddisk sama dengan diatas, hanya saja pada saat menentukan tempat penginstalan sistem operasi kedua, pilihlah harddisk kedua dari daftar.

No comments:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service